Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SIAPAKAH PROFESI RADIOLOGI DIAGNOSTIK

Profesi di:Radiologi Diagnostik
Siapakah ahli radiologi
Subspecialties untuk Ahli radiologi Diagnostik
Radiologi Asisten
Radiologis Technologist
Radiologis Perawat


Siapakah ahli radiologi?

Seorang ahli radiologi adalah dokter yang memiliki pelatihan khusus dalam mendapatkan dan menginterpretasikan gambar medis, yang membuat dia atau ahli pencitraan dirinya. Gambar-gambar ini diperoleh dengan menggunakan x-ray (radiografi, CT, fluoroskopi), atau zat radioaktif (kedokteran nuklir), orang lain dengan cara gelombang suara (ultrasound) atau magnet alami tubuh (MRI).

Hampir semua dokter memeriksa pasien, mendapatkan sejarah medis, mendiagnosa penyakit, atau meresepkan dan memberikan pengobatan bagi orang yang menderita cedera atau penyakit. Menurut American Medical Association statistik, 1,2 persen dari mereka dokter spesialis dalam radiologi. Seorang ahli radiologi berkorelasi temuan gambar medis dengan pemeriksaan dan tes lainnya, merekomendasikan pemeriksaan lebih lanjut atau perawatan, dan menganugerahkan dengan dokter merujuk (para dokter yang mengirim pasien ke departemen radiologi atau klinik untuk pengujian). Ahli radiologi juga mengobati penyakit dengan cara radiasi (radiasi onkologi atau kedokteran nuklir) atau minimal invasif, gambar-dipandu operasi (radiologi intervensi).

Seperti dokter lainnya, seorang radiolog harus lulus dari sekolah kedokteran terakreditasi dan telah menerima gelar MD. Dia telah lulus pemeriksaan lisensi, dilakukan satu tahun magang, dan menyelesaikan setidaknya empat tahun lulusan pendidikan medis (residensi) di radiologi. Setelah menyelesaikan residensi, ini dokter dapat memilih untuk memasukkan program beasiswa dan sub-spesialisasi dalam satu atau lebih bidang radiologi.

Ahli radiologi biasanya papan bersertifikat, yaitu, telah diambil dan lulus ujian dan dengan demikian disetujui untuk praktek di lapangan baik oleh American Board of Radiology (untuk dokter medis) atau Dewan Osteopathic Amerika Radiologi (untuk dokter osteopathic).
Subspecialties untuk Ahli radiologi Diagnostik

Seorang ahli radiologi, melalui kerja klinis yang luas dan penelitian yang berhubungan, mungkin juga spesialisasi dalam satu atau lebih subspecialties radiologi.

Radiologi diagnostik payudara

Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis penyakit payudara dan kondisi. Ini termasuk USG mamografi, payudara, payudara MRI, dan prosedur payudara seperti biopsi payudara.


Radiologi diagnostik Kardiovaskular
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis penyakit jantung dan pembuluh darah (termasuk arteri dan vena, dan limfatik). Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG dan MRI.
Radiologi diagnostik Thorax.
Para subspesialisasi radiologi ditujukan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis penyakit pada dada, terutama jantung dan paru-paru. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG, prosedur MRI dan dada, seperti biopsi paru dan drainase cairan dari dada.

Radiologi diagnostik Trauma darurat/Cito
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis trauma dan non-traumatik kondisi darurat. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG dan MRI.

Radiologi diagnostik Gastrointestinal (GI)
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis dari gastrointestinal (GI), atau saluran pencernaan (lambung dan usus) dan perut. Ini termasuk fluoroskopi, x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG, MRI, dan prosedur GI seperti biopsi, cairan dan drainase abses.

Radiologi diagnostik Genitourinari
Para subspesialisasi radiologi ditujukan untuk diagnosis dan pengobatan dari organ-organ reproduksi dan saluran kemih. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), MRI dan prosedur seperti biopsi, pengangkatan batu ginjal, dan penghapusan fibroid rahim.

Radiologi diagnostik Kepala dan Leher
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis penyakit pada kepala dan leher. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG dan MRI.

Radiologi diagnostik Musculoskeletal
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis dari otot-otot dan kerangka. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG dan MRI.

Radiologi diagnostik Neuroradiology
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis otak dan saraf, kepala, leher dan tulang belakang. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG dan MRI.

Radiologi diagnostik Pediatric
Para subspesialisasi radiologi dikhususkan untuk pencitraan diagnostik dan diagnosis penyakit anak-anak. Ini termasuk x-ray, CT (computed tomography atau CAT), USG, MRI dan prosedur seperti fluoroskopi, biopsi dan drainase cairan abses atau koleksi.

Radiologi diagnostik Interventional
Para subspesialisasi radiologi ditujukan untuk diagnosis, pencitraan dan pengobatan pasien menggunakan teknik intervensi invasif minimal. Ini termasuk pencitraan dan perawatan pembuluh darah (seperti angiografi, angioplasty dan penempatan stent), biopsi prosedur, garis dan penempatan tabung, penghapusan fibroid rahim, cairan dan drainase abses, ini dapat dilakukan dengan x-ray, fluoroskopi, CT ( computed tomography atau CAT), USG atau MRI.

Radiologi diagnostik Nuklir
Para subspesialisasi radiologi ditujukan untuk diagnosis, pencitraan dan pengobatan pasien dengan dosis jejak bahan radioaktif. Ini termasuk pencitraan jantung, sistem rangka, dan sebagian besar organ dalam tubuh (misalnya kelenjar tiroid dan paratiroid, hati, limpa, ginjal, paru-paru, dll). Ini juga mencakup pengobatan berbagai kondisi dalam tubuh seperti kelenjar tiroid dan kanker tiroid hiperaktif. Modalitas pencitraan termasuk pencitraan gamma, PET, dan PET / CT.

Radiologi diagnostik Onkologi
Para subspesialisasi radiologi ditujukan untuk pengobatan kanker dengan radiasi. Radiasi dapat disampaikan dari sumber sinar-x luar atau dapat disuntikkan ke dalam tubuh.
Ahli radiologi Asisten

Seorang asisten ahli radiologi (RA) adalah tingkat tinggi teknolog radiologis (RT) yang bekerja dibawah pengawasan yang ketat dari ahli radiologi untuk melakukan dan membantu tugas-tugas lanjutan. Secara khusus, suatu pemeriksaan radiologis RA melakukan, terlibat dalam manajemen pasien dan evaluasi, dan membantu ahli radiologi dengan prosedur invasif. RA mungkin juga bertanggung jawab untuk membuat penilaian awal tentang kualitas gambar, melakukan observasi awal gambar, dan forwarding mereka observasi ke radiologis mengawasi.
Meskipun asisten ahli radiologi dapat melakukan fungsi melampaui orang-orang teknolog radiologis, posisi memegang keterbatasan tertentu. Sebuah RA dapat melakukan pengamatan awal gambar tetapi tidak mungkin rancangan interpretasi tertulis resmi. Asisten ahli radiologi tidak dapat melakukan prosedur radiologi dipilih tanpa pengawasan ahli radiologi.
Posisi RA adalah tambahan baru untuk tim radiologi diagnostik. Saat ini, ada 10 program asisten ahli radiologi di negeri ini, enam gelar master menawarkan. Asisten ahli radiologi menyelesaikan program akademik dan magang radiologi yang diawasi klinis. Seorang RA harus disertifikasi oleh Registry Amerika Radiologic teknologi (ARRT).

Ahli radiologi biasanya menerima bantuan dari teknolog radiologis. Terutama, teknolog mengoperasikan peralatan radiografi untuk menghasilkan gambar. Hal ini melibatkan menjelaskan prosedur untuk meyakinkan pasien dan mendapatkan kerjasama, posisi pasien di meja periksa, dan menyesuaikan perangkat imobilisasi untuk mendapatkan pandangan yang optimal dari area tubuh tertentu. Teknolog bergerak peralatan pencitraan ke posisi dan menyesuaikan kontrol peralatan untuk mengatur eksposur berdasarkan pengetahuan tentang prosedur dan pedoman yang ditetapkan. Untuk mencegah paparan radiasi yang tidak perlu selama beberapa prosedur, teknolog menggunakan perangkat pelindung radiasi, seperti perisai memimpin, dan membatasi ukuran sinar x-ray. Teknolog juga dapat mengoperasikan ponsel x-ray peralatan untuk mendapatkan gambar di ruang gawat darurat, ruang operasi, atau di samping tempat tidur pasien. Teknologi membantu ahli radiologi dalam penggunaan umum radiologi, computed tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), dan USG (AS). Tergantung pada jenis prosedur radiologis, salah satu dari berikut dapat membantu ahli radiologi:

CT teknologi
MRI teknologi
Sonogram (USG)
Ahli radiografi (sinar-x)

Biasanya, radiografer telah mengalami dua tahun pelatihan formal atau 2-4 tahun di lingkungan akademik, yang mengarah ke sertifikat, gelar associate, atau gelar sarjana. Dengan pelatihan tambahan, teknolog dapat mengkhususkan diri dan bekerja hampir secara eksklusif dengan peralatan radiografi khusus. Teknolog radiologis disertifikasi oleh Registry of Radiologic teknologi Amerika. Untuk tetap terdaftar, teknologi harus menyelesaikan kredit pendidikan berkelanjutan.

Radiologis Perawat

Pusat-pusat medis besar dapat mempekerjakan seorang perawat radiologi yang menyediakan untuk kebutuhan fisik, mental, dan emosional dari pasien yang menjalani tes atau pengobatan di departemen radiologi. Perawat radiologis biasanya mengembangkan dan mengelola rencana perawatan untuk membantu pasien memahami prosedur dan, kemudian, memulihkan diri dari prosedur. Hal ini mungkin juga termasuk bekerja dengan keluarga pasien.

Perawat dapat melakukan pemeriksaan atau melaksanakan tindakan kesehatan preventif dalam pedoman yang ditetapkan dan instruksi dari ahli radiologi. Selain itu, perawat dapat merekam temuan dokter dan mendiskusikan kasus dengan baik ahli radiologi atau profesional kesehatan lainnya. Seringkali, seorang perawat radiologis akan membantu selama pemeriksaan atau terapi. Perawat radiologis harus lulus dari sekolah perawat terakreditasi. Setiap perawat juga harus lulus ujian lisensi nasional.