Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah Dalam Ultrasound 1

Acoustic beam :
berkas akustik; berkas gelorabang ultrasound (energi) yang diproduksi oleh transduser [probe). Bisa divergen, terfokus atau paralel.
Acoustic enhancement:
penguatan akustik; peningkatan ekogenisitas (terang-nya gelombang eko) pada jaringan yang berada di bela-kang suatu bangunan sehingga tidak atau hanya sedikit menimbulkan atenuasi gelombang ultrasound, seperti pada kista yang terisl cairan. Lawan kata acoustic enhancement adalah acoustic shadowing.
Acoustic impedance:

resistensi yang dlhasilkan oleh jaringan terhadap gerak-kan partikel-partlkel yang ditlmbulkan oleh gelombang ultrasound. Acoustic impedance sama dengan produk densltas jaringan dan kecepatan gelombang ultrasound dalam jaringan. Keadaan ini terjadi karena jaringan memiliki hambatan [impedance) yang berbeda sehingga gelombang ultrasound dapat menghasilkan gambar USG dari baglan tubuh yang dlskening.
Acoustic shadowing:
pengurangan ekogenisitas pada jaringan yang berada di belakang suatu suatu bangunan sehingga me­nimbulkan atenuasi gelombang ultratrasound yang nyata. Lawan kata acoustic shadowing adalah acoustic enhancement.
Acoustic window:
jendela akustik; jaringan atau bangunan yang hanya memberikan sedikit hambatan terhadap gelombang ultrasound, dan dengan demiklan dapat dlgunakan sebagal jalur untuk mendapatkan gambar USG darl struktur atau bangunan yang letaknya leblh dalam. Sebagal contoh, kalau kandung kemlh terisl penuh, struktur lni akan menjadi Jendela akustik yang sangat baik karena lewat Jendela tersebut struktur pelvis dapat dillhat. Demiklan pula, gambar glnjal kanan akan tampak leblh jelasjlka dillhat lewat hepar daripada lewat otot punggung yang tebal. Dalam hal yang terakhlr lni, hepar menjadi jendela akustik atau acoustic window
Anechogenic (anechoic):
Anekogenik anekol); keadaan tanpa gelombang ek; bebas-eko. Sebagal contoh, urin dan cairan empedu yang normal bersifat anekogenik, yaitu kedua cairan tersebut tidak memlllkl gelombang eko Internal.
Anekogenik Artefact: anekoik lihat anechogenic.
artefak; suatu ciri yang tampak pada gambar USG tetapi tidak menggambarkan atau tidak sesuai dengan struk­tur anatomis atau patologls yang sebenarnya, apakah bentuknya, arahnya ataukah jaraknya. Sebagal contoh, reverberasi (reverberation) merupakan artefak. Sebagian artefak dapat membantu dalam menginterpretasikan gambar USG, tetapi sebagian lainnya dapat sangat menyesatkan.
Artefak Atenuasi Attenuation :
Lihat artefact, lihat attenuation.
Atenuasi; penurunan Intensitas gelombang ultrasound ketika gelombang tersebut mellntasl jaringan. Atenuasi dlukur dalam desibel per cm. Atenuasi terjadi akibat penyerapan [absorption), pemantulan (reflection), peng-hamburan (scattering) dan penylmpangan atau divergen-sl berkas gelombang beam divergence. Pada sebagian besar jaringan, atenuasi meningkat kurang-lebih secara.
Axial scan            : lihat Transverse scan
Back wall effect:
Eko yang terang dari dinding belakang kista, yang terjadi akibat atenuasi berkas gelombang ultrasound yang rendah oleh cairan dalam kista dan pemantulan berkas gelombang tersebut oleh dinding belakang yang melengkung
Bayangan akustik: lihat acoustic shadow
Berkas akustik: lihat acoustic beam
 Bidang koronal: lihat coronal plane
Bidang skening : lihat scanning plane
Boundary:
garis pada bagian tepi dua macam jaringan yang merambatkan gelombang ultrasound secara berbeda dengan dibatasi oleh zona gelombang eko pada antar-muka
Coronal plane :
bidang koronal; suatu bidang yang membentang di seluruh tubuh di sepanjang sumbu longitudinalnya (dari kepala hingga jari kaki) tegaklurus dengan bidang me­dian. Untuk melakukan skening di bidang ini, transduser ditempatkan pada sisi tubuh yang mengarah ke slsi lainnya dan digerakkan paralel dl sepanjang tubuh. Skening koronal dapat dilakukan dengan paslen berada dalam poslsi terlentang (supinasio), telungkup (pronasio), berdiri tegak atau berbaring pada salah satu sisi tubuhnya