Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah Ultrasound 3

Massa compleks (mixed mass) :
massa yang mencakup baik baglan padat maupun cairan. Massa ini pada hasil skening USG akan terlihat sebagai bagian yang bersifat ekogenik maupun anekogenik. Gambarnya akan memiliki gelombang eko yang nonhomogen dan ruangan yang bebas-eko (pola hiper- atau hlpoekogenlk).
Mirror effect:
efek cermin; pemantulan semua atau hamplr semua gelombang ultrasound oleh beberapa Jaringan atau antarmuka Jaringan, sepertl misalnya antarmuka diafragma/paru. Efek cermin kadang-kadang meng-hasilkan artefak gambar-cermln yang membuat gambar USG tampak dobel.

akustik Phantom :
fantom; suatu alat yang dipakai untuk menguji dan melakukan kalibrasi pada alat USG. Alat ini memiliki kisaran densitas yang sama seperti jaringan tubuh. "Jaringan" fantom biasanya mengandung benang dan benda lain dengan daya pemantulan yang diketahui pada berbagai lokasi yang diketahui. corak interferensi.
Reflection:
refieksi/pemantulan; perubahan arah gelombang ultra­sound pada suatu antarmuka jaringan sedemiklan rupa sehingga berkas gelombang tersebut tidak memasuki jaringan kedua. Juga dikenal dengan istilah echo (gelombang eko). Lihat pula Specular reflector.
Reverberation:
reverberasi; pemantulan bolak-balik gelombang ultra­sound di antara dua permukaan reflektif yang kuat yang paralel atau hampir paralel. Kalau hal ini terjadi, pengembalian gelombang eko ke transduser akan terlambat, dan gambar USG yang dihasilkannya dapat terlihat lebih dalam daripada permukaan yang sebenarnya. Reverberasi dapat pula mengakibatkan duplikasi atau bahkan triplikasi gambar. Sebagai contoh, reverberasi dapat terlihat pada bagian anterior kandung kemih yang mengalami distensl, atau dl antara otot-otot yang paralel dalam dinding abdomen.
Scanning plane bidang skening :
Potongan jaringan yang melalul potongan tersebut, berkas gelombang ultrasound berjalan ketika pemeriksaan skening USG berlangsung dan potongan jaringan tersebut akan tampak sebagai gambar [image) pada monitor.