Tuesday, March 10, 2015

Perbedaan teknik pemeriksaan radiologi ct kepala

berikut saya contohkan potongan singgle slice ct scan, pada proses scaning awal kita melakukan potongan slice sesuai dengan kemiringan Occipital bawah kemudian dimiringkan sejajar dengan MAE.

image

(CT Scan Single slice)

Pada garis no 1 dan 2 adalah pemotongan dengan slice thick 4-5 mm, untuk gambar 2 – 3 dipotong dengan slice thick 8-10mm, mungkin anda tahu alasanya, karena pada no 1 dan 2 adalah daerah basis sedang no 2-3 daerah cerebrum.

terus kenapa gak dibuat sekaligus dengan potongan no 1dan 2 dengan potongan tipis mungkin 1mm, 2mm, 3 mm, karena kalu pada ct singgle slice jika dibuat irisan tipis tersebut maka beban kerja tabung x ray pada ct scan berat, sedangkan mayoritas pemeriksaan adalah ct scan kepala.

image

untuk ct scan multislice lihat potongan yang berwarna pink, jika anda menginginkan potongan axial, sagital, dan coronal, dengan bagus maka anda tinggal gunakan parameter recon 0.75 mm, 1mm maka setelah scaning selesai anda tinggal melakukan recontruksi. pada potongan awan anda tidak perlu memiringkan/menyudutkan slice.

hasilnya adalah sebagai berikut:

kepala 3 d

 

Artikel Terkait

Perbedaan teknik pemeriksaan radiologi ct kepala
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email