Sunday, July 5, 2015

Pencegahan penyakit ginjal / Gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan penyakit yang di Indonesia sudah populer, penyakit ini bisa mengidap anak, remaja, maupun dewasa, untuk anak bisanya disebabkan karena kelainan anatomi sejak kecil/ anomali, sedang untuk usia remaja maupundewasa biasanya ada kaitanya dengan pola hidup sehari hari.
Ginjal merupakan organ yang sangat penting yang fungsinya menyaring darah setiap hari, untuk itu sangatlah penting kita menjaga sejak dini, pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan, mencegah lebih baik dari pada mengobati, dibawah ini beberapa hal yang bisa anda baca semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.
ada beberapa cara agar kita bisa sehat ginjalnya antara lain
1. Jaga kesehatan dan rutin olahraga


Berolahraga memang sangat berpengaruh terhadapa kebugaran oragan oragan tubuh kita, dengan olah raga peredaran darah kita lancar, maka dariitu sangatlah penting untuk beraktifitas secara rutin.
2. Jaga kadar gula darah tetap stabil
DM salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes berpotensi 25 % penyebab penyakit ginjal.
3. Jaga tekanan darah

Tensi darah / darah tinggi memberikan penyebab penyakit ginjal terbesar , Berdasarkan data dari IRR tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35 persen, banyak juga faktor tekanan darah tinggi
4. Konsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal

Minum minuman instan / soft drink juga memicu kesehatan ginjal terganggu, jika anda minum softdrink atau kopi harus diimbangi juga dengan minum air putih.
5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Perlu diketahui bahwa didalam tubuh kita 60 % adalah cairan maka dari itu sangatlah penting jika kita mencukupi tubuh kita dengan konsumsi air putih secara rutin, anda juga harus sering konsumsi buah dan sayur.
6. Jauhi rokok dan alkohol

faktor ini sudah dari jaman dahulu, bahwa rokok dan alkohol dapat menyebabkan gangguan fungsi organ, memicu adanya penyakit.
7. Jangan mengkonsumsi obat sembarangan

perlu diketahui obat adalah racun, jika tidak akan berdampak baik terhadapa tubuh kita, minum obat harus dikontrol, dan sesuai anjuran seorang dokter, jaanganlah konsumsi obat dengan dosis tinggi meski generik, serta jangan konsumsi jamu yang berlebihan karena jamu juga sebagai pemicu penyakit ginjal. Ada beberapa kasus banyak orang yang suka minum jamu tanda disadari terjadi penumpukan zat zat jamu yang tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh kemudian membentuk batu pada saluran kencing.
8. Periksa fungsi ginjal secara rutin segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko

Bentuk pemeriksaan dapat dilakukan seperti pengukuran laju filtrasi glomerulus (LFG) dan adanya protein dalam urin. Ureum maupun creatinin, serta lakukan pengecekan USG, Maupun X Ray, untuk melihat fungsi dan bentuk anatomi secara nyata.
Salam sehat radiologynet
pencegahan gagal ginjal

Artikel Terkait

Pencegahan penyakit ginjal / Gagal ginjal
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email