Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi klinik unit Doppler

Meskipun sebuah unit Doppler yang tidak terlalu mahal harganya dapat digunakan untuk mendeteksi gerakan Jantung janin, namun pemeriksaan dengan real-time ultrasound akan menunjukkan gerakan lnl dengan Iebih jelas. Doppler dapat dipakai untuk memperlihatkan aliran darah dalam pembuluh darah perifer orang dewasa, namun di banyak negara, Jumlah pasien yang memerlukan pemeriksaan ini relatif tidak banyak sehingga pengeluaran biaya tambahan untuk membeli alat tersebut sebagai bagian dari alat USG yang umum (general-purpose ultrasound) tidak bisa dibenarkan.

Efek Doppler memungkinkan sebuah alat USG untuk mendeteksi dan mengukur kecepatan gerakan cairan apapun seperti darah. Pada darah, reflektor yang bergerak adalah sel darah merah. Untuk mengukur gerakan ini terdapat dua tipe-dasar unit ultrasound Doppler, yaltu contlnous wave (CW) dan pulse wave (PW).

1, Pada unit Doppler continuous wave, gelombang ultrasound bersifat kontinyu dan unit Doppler mengukur velositas tinggl dengan akurat, tetapi tidak terdapat resolusi kedalaman [depth-resolution) sehingga semua gerakan di sepanjang berkas gelombang ultrasound tampak bersama.

2. Pada unit Doppler pulse-wave, gelombang ultrasound ditransmisikan sebagai pulsa gelombang suara ultra ke dalam tubuh dengan resolusi kedalaman yang baik. Unit Doppler lni dapat diarahkan secara langsung untuk mengukur kecepatan darah dalam pembuluh darah tertentu (Gambar 2a). Kerugian pada tipe ini adalah bahwa unit tersebut tidak dapat mengukur velositas darah yang tinggi di dalam pembuluh darah yang dalam dan velositas yang tinggi dapat terlihat secara keliru sebagai velositas yang rendah (aliasing).

1 comment for "Aplikasi klinik unit Doppler"

Aplikasi Klinik Dokter November 23, 2015 at 1:29 AM Delete Comment
thanks for share, makin sukses usahanya