Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Batas-batas (boundaries) dalam ultrasound

Gelombang ultrasound dapat dlpantulkan (refleksi) atau distmpangkan/ dlbelokkan (refraksi) ketika bertemu dengan batas-batas antara dua tipe jaringan yang berlainan. Refleksi berartl gelombang ultrasound diballkkan dan refraksi berarti arah gelombang diubah serta tidak harus mengalaml pemantulan.

Fraksi gelombang insiden (1) akan dicerminkan (2) pada sudut yang sama dengan sudut insidensi. Fraksi lainnya (3) mellntas antarmuka dan meng-alami refraksi yang berlanjut pada sudut yang berbeda dengan sudut insidensi. Semakin besar perbedaan antar-hambatan akustik (acoustic im­pedance) yang khas, semakin besar fraksi yang dipantulkan. Semakin besar rasio kecepatan pe-rambatan, semakin besar refraksi. Dalam praktek, hal inl merupakan masalah yang paling penting ketlka sudut insiden adalah nol dan gelombang ultrasound mengenai antarmuka secara tegak kirus.

>fika batas yang merefleksikan jauh leblh lebar iaripada panjang gelombang (misalnya, 10 atau 20 tali leblh lebar), batas ini akan bekerja sebagai sebuah cermin dan dlnamakan reflektor spekuler.

Cranium Janin, diafragma, dlnding pembuluh larah dan jaringan ikat merupakan contoh reflekor spekuler.

3elombang ultrasound akan terhambur kalau lebar eflektor (penghambur atau scatterer) leblh kecil iaripada panjang gelombang ultrasound. Hanya sebaglan kecil gelombang ultrasound yang terlambur kembali pada arah semula.

^arenkima hatl dan ginjal merupakan contoh meila penghambur.

image

image

image

Gambar 6. Hasil skening sagital hepar: tampak pemantulan yang kuat dari diafragma yang merupakan refleklor yang kuat sehingga gambar hepar timbul berulang di belakangnya. Gelombang ultrasound berjalan lewat hepar: pertama pada saat transmisi, sekali lagi setelah dipantulkan dari diafragma, dan kemudian sekali lagi dari antarmuka jaringan.

clip_image002[6]

Karena efek boundary, Jeli, atau preparat penghubung coupling agent) harus digunakan pada pemeriksaan skening untuk mencegah agar udara yang terperangkap di antara kulit dan transduser . tidak bekerja sebagai rintangan atau barrier terhadap gelombang ultrasound.

 

Post a Comment for "Batas-batas (boundaries) dalam ultrasound"