Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perambatan Gelombang Ultrasound

Perambatan Gelombang

Perambatan gelombang {wave propagation) menjelaskan transmisi dan penyebaran gelombang ultrasound ke pelbagal jarlngan yang berbeda. Perbedaan pada cara Interaksl ultrasound dengan Jarlngan akan menentukan desaln alat USG, mempengaruhl lnterpretasl gambarnya dan menyebabkan keterbatasan dalam penggunaan metode tersebut.

Gelombang ultrasound merambat sebagal gelombang longitudinal dalam jarlngan lunak. Molekulnya bergetar dan saling menyalurkan energl sehlngga energi ultrasound merambat dl seluruh tubuh. Kecepatan perambatan rata-rata bagl jarlngan lunak adalah 1540 meter per detlk.

image

Panjang gelombang
Panjang gelombang ultrasound berbanding terbalik dengan frekuenslnya. Semakin tlnggi frekuenslnya, semakin pendek panjang gelombangnya. Sebagal contoh, ultrasound 3 Mhz memlllki panjang gelombang 0,5 mm dalam jarlngan lunak, sementara ultrasound 6 Mhz mempunyal panjang gelombang 0,25 mm. Semakin pendek panjang gelombang, semakin balk resolusinya sehlngga memberikan gambar yang lebih jelas dan lebih rinci pada layar. Namun, panjang gelombang juga mempengaruhi cara melintasnya gelombang tersebut pada jarlngan (lihat "Atenuasi",
image

Post a Comment for "Perambatan Gelombang Ultrasound"