Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ultrasound Doppler

Ultrasound Doppler

Sirkuit elektronik untuk ultrasound Doppler tldak tercakup dalam speslflkasl ultrasound bagl keperluan umum. Alat Inl dapat dlperoleh dalam bentuk unit terplsah yang harganya tldak terlalu mahal. Namun, sebelum memutuskan untuk membellnya, baca dahulu baglan lnl dan pertlmbangkan apakah pembellan itu dapat dlbenarkan dengan mellhat jumlah paslen penyakit vaskuler yang maslh blsa dlobatl serta paling banyak memperoleh manfaat dari pemerlksaan ini.

Apakah anda memerlukan alat Doppler? Baca dan pertimbangkan dengan seksama. Apakah pengeluaran biaya untuk membeli alat Doppler bisa dibenarkan?

Efek Doppler

Ketika gelombang ultrasound dltransmislkan ke arah sebuah reflektor stasioner, gelombang yang dlpantulkan (eko) akan memlllkl frekuensl yang sama dengan gelombang semula yang dltransmislkan ltu. Namun, Jlka reflektor tersebut bergerak ke arah transmiter, frekuensl yang dlpantulkan akan leblh tlnggl daripada frekuensl yang dltransmislkan. Seballknya, Jlka reflektor bergerak menjauhl transmiter, frekuensl yang dlpantulkan akan leblh rendah daripada frekuensl yang ditransmislkan.

image

Perbedaan antara frekuensi yang dltransmisikan dan yang dlterima sebanding dengan kecepatan bergeraknya reflektor menjauhi atau mendekatl transmlter. Fenomena lni dlsebut efek Doppler dan perbedaan antar-frekuensi tersebut disebut Doppler shift.

Gerakan ke arah transduser meningkatnya frekuensi yang dipantulkan.

imageimage

Gambar ultrasound dopler diatas. Gambar Doppler dupleks dari arteri karotis interna. Pada gambar kirl terlihat spektrum pergeseran Doppler (Doppler shift) yang menunjukkan aliran pulsatlf ke arah transduser. Jika alirannya menjauhi transduser, spektrum tersebut akan terbalik. Garis Itu tampak bergelombang karena velositas darah yang berubah selama slklus jantung. Pada gambar kanan tampak gambar USG B-mode yang memperlihatkan tempat aliran darah terekam.

Post a Comment for "Ultrasound Doppler"