Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Radiologi Diagnostik CT Scan

Computerized tomography scan atau CT scan yang lebih sering disebut adalah teknik x-ray khusus yang menghasilkan gambar dari organ-organ dalam yang lebih rinci daripada dengan konvensional x-ray.

Konvensional x-ray menghasilkan gambar dua dimensi dari bagian tubuh. CT scan di sisi lain menggunakan perangkat yang berputar di sekitar tubuh menyebarkan sinar-x dan
tabung x-ray berputar. Gambar-gambar ini kemudian diproses oleh komputer, sehingga menghasilkan gambar crossectional bagian dalam tubuh.

Mengapa Menggunakan CT Scanning?
CT scan digunakan dalam situasi yang memerlukan gambar yang lebih rinci daripada konvensional x-ray. Misalnya:
* Untuk mendiagnosa dan menemukan tumor atau massa di dalam tubuh.
* Untuk mengidentifikasi daerah-daerah infeksi atau adanya abses (kantong infeksi).
* Untuk memandu prosedur seperti biopsi dan terapi radiasi.
* Untuk memantau penyakit seperti kanker.

Infeksi Oportunistik Lembar Fakta
Sebelum Scan CT
Persiapan untuk CT scan tergantung pada apa bagian tubuh yang akan dipindai/dilihat.
* Beberapa pemeriksaan radiologi CT scan mengharuskan Anda untuk minum (media kontras) yang memperlihatkan batas-batas organ pada gambar CT dengan jelas.
* Beberapa pemeriksaan radiologi CT scan minum obat pencahar pada malamnya sebelum CT scan dilakuka, untuk membersihkan perut Anda, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas.
* CT scan yang sedang digunakan untuk gambar pembuluh darah atau otak Anda akan memerlukan infus untuk menghasilkan solusi kontras yang akan menerangi pembuluh pada gambar CT.
* Media Kontras juga dapat diberikan dengan enema dalam rangka untuk menerangi saluran pencernaan bawah.
* Jika Anda memiliki CT yang membutuhkan media kontras, Anda mungkin diminta untuk tidak makan atau minum apa pun selama beberapa jam sebelum ujian.

Fakta Penting!
Pada kesempatan tertentu, orang dapat memiliki reaksi alergi terhadap larutan kontras. Orang dengan alergi yodium atau kerang sangat beresiko. Beritahu dokter jika Anda memiliki reaksi terhadap media kontras di masa lalu atau memiliki alergi yodium atau kerang.

Selama CT Scan.
Anda akan diminta untuk mengenakan pakaian rumah sakit/pakaian khusus untuk pasien dan untuk menghilangkan logam seperti kacamata, kalung, dan anting-anting. Anda akan berbaring di meja sempit yang bergerak melalui mesin gantry. Ketika Anda bergerak perlahan melalui gantry, tabung sinar-x bergerak di sekitar Anda dalam gantry, menembak sinar-x melalui tubuh Anda. sebagian sinar-x melewati tubuh Anda, beberapa diserap oleh jaringan tubuh. Detektor dalam gantry mengukur jumlah radiasi melewati tubuh tanpa diserap oleh jaringan. Komputer mengkonversi pengukuran ini ke dalam gambar kemudian dianalisa oleh dokter radiologi/ radiologist.

Sinar-x melewati Anda tidak sakit, mungkin ada beberapa ketidaknyamanan ringan yang berhubungan dengan kateter IV jika digunakan selama pengujian. Anda juga mungkin mengalami beberapa kram atau rasa buruk dari solusi yang kontras Anda minum atau menerima dengan enema.

Berurusan Dengan Diare
Setelah CT scan Anda, Anda dapat kembali ke aktivitas normal. Jika Anda menerima kontras intravena, minum banyak air setelah CT untuk membantu ginjal Anda flush solusi dari tubuh Anda. Jika Anda minum media kontras atau menerima dengan enema, buang air besar Anda, mungkin warna yang berbeda dan konsistensi sampai media kontras telah meninggalkan trek usus Anda.

Catatan Penting!
Jika Anda memiliki ALERGI, gatal-gatal, gatal, atau tanda lain dan gejala alergi kontras, hubungi dokter Anda atau pergi ke gawat darurat segera.

radiologi diagnostik ct scan sangat membantu untuk mendeteksi penyakit anda, namun sebelum pemeriksaan dilakukan alangkah baiknya menanyakan harga setiap kali mau periksa radiologi CT scan.